Saturday, November 4, 2017

BACALAH !!! Urutan Prosedur, Saran, dan Persiapan Suntik Vaksin Meningitis di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan ini saya akan sharing informasi tentang pengalaman saya saat melakukan suntik vaksin meningitis di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Rabu, 20 September 2017 saya dan orang tua berencana akan melakukan suntik Vaksin meningitis di Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar. karena ini hal baru buat saya, jadi masih sedikit bingung untuk lokasi, syarat dan prosedurnya. Tak ingin hal serupa terjadi dengan teman-teman sebagai bekal informasi berikut beberapa urutan prosedur, saran dan hal yang perlu di persiapkan sebelum melakukan Suntik Vaksin Menigitis di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar:

1. Datanglah lebih awal
Bagi teman-teman yang berencana ingin melakukan suntik vaksin meningitis di Bandara Hasanuddin Makassar, saya sarankan untuk datang lebih awal mengingat antrian yang cukup banyak, bahkan teman kakak yang kebetulan bertugas disana menyarankan untuk datang sebelum jam operational di buka.

2. Mengisi Formulir - Persiapkan Foto dan Passpor
Sebelum melakukan suntik Vaksin kita di wajibkan untuk mengisi formulir yang berisi informasi data diri. Saat pengisian formulir siapkan foto 4x6 dan passpor, bagi teman-teman yang mempunyai nama yang terdiri dari satu suku kata, maka jangan lupa untuk menuliskan tiga suku kata nama sesuai passpor (agar nantinya tidak dikoreksi lagi) setelah pengisian selesai segera berikan ke petugas. 

3. Memulai Antrian untuk mengukur tekanan darah
Setelah mengisi formulir kita akan melakukan tes tekanan darah yang akan di panggil sesuai dengan antrian formulir di kumpulkan sebelumnya. Saran saya sebaiknya siapkan kondisi badan sebaik mungkin karena bila tekanan darahnya tinggi, maka suntik vaksin tidak dapat dilanjutkan.

4. Cek kesehatan singkat
Tahap selanjutnya kita akan melakukan tes kesehatan singkat, pada tahap ini Dokter akan menanyakan riwayat penyakit kita dan mengisi beberapa form isian. setelah itu menyuruh untuk mengumpulkan ke loket depan. bagi yang berangkat dengan keluarga/teman saran saya agar tidak saling tunggu sebaiknya form yang kita dapatkan dari dokter tadi di kumpulkan jadi satu sebelum di kumpul keloket depan. 

5. Loket mendapatkan kode pembayaran
Tahap ini petugas akan melakukan registrasi di komputer dan kita akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya akan di bawa ke kantor pos

6. Melakukan pembayaran di Kantor Pos
Pada tahap ini kita di wajibkan untuk membayar biaya vaksin melalui kantor pos. Namun teman-teman tidak perlu bingung karena petugas akan mengarahkan kita untuk kebagian pembayaran di ruang belakang sebalah kiri gedung. Jangan lupa untuk membawa form kode pembayaran yang sudah didapatkan sebelumnya.

7. Lakukan pembayaran Via Kantor Pos


8. lakukan Suntik Vaksin di ruang 5-6 
Setelah melakukan pembayaran maka kita akan di arahkan untuk melakukan suntik Vaksin di ruang 5-6. saran saya  usahakan mengantri di dalam ruangan agar dapat mendengar nama kita saat di panggil. Setelah suntik vaksin tunggu sampai buku kuning selesai dibuat. 

kalaupun teman-teman tidak kebagian kursi di dalam ruangan, sebaiknya dengar baik-baik nama yang di panggil dokter. sebab dari pengalaman saya nama akan berlanjut ke pasien berikut.

NOTE:
1. Antrian yang datang lebih awal bukan berarti akan dilayani lebih awal di bagian lain, karena prioritas antrian berdasarkan yang mengumpulkan form lebih awal. jadi harus cepat, gesit dan cepat tangkap.
2. Jangan ragu untuk bertanya ke petugas, ketika bingung langkah/tahap selanjutnya.
3. Datanglah lebih awal (Sebelum jam operasional) karena antrian untuk perhari hanya -+ 250 orang saja.
4. Selalu dampingi orang tua kita agar tidak kebingungan 

Update Informasi, ada perubahan prosedur/tata cara pendaftaran suntik vaksinasi di KKP Makassar per awal tahun 2018 berikut urutannya: 

1.       Masuk ke situs kespel.depkes.go.id
2.       Arahkan cursor ke menu “Pelayanan” dan klik “Registrasi Vaksinasi Internasional”
3.       Scroll pada bagian bawah halaman yang terbuka untuk mengisi Form Registrasi Vaksinasi Internasional.
4.       Mengisi tanggal rencana keberangkatan ke luar negeri
5.       Mengisi tanggal pelayanan yang diinginkan sesuai hari kerja.
6.       Memilih KKP yang akan dikunjungi untuk melakukan vaksinasi. Setiap KKP memiliki kuota masing-masing. Jika KKP yang diinginkan tidak muncul berarti       sisa kuota telah habis pada tanggal pelayanan yang dipilih, silahkan mengganti tanggal pelayanan.
7.       Klik jenis permohonan vaksinasi yang diinginkan.
8.       Upload file passport dengan mengklik pada tombol “Pilih File”. File passport yang diupload dalam bentuk .jpeg, .jpg, atau png.
9.      Mengisi nomor passport, nama lengkap (sesuai passport dengan minimal tiga suku kata), jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, alamat rumah, provinsi,      kabupaten/kota, no. Handphone, Email (yang akan digunakan untuk menerima hasil verifikasi pendaftaran), kebangsaan, no KTP, pekerjaan, no travel,          nama travel, nomor telepon travel dan masukkan huruf/angka sesuai yang tertera pada layar.
10.    Setelah selesai mengisi keseluruhan data yang dibutuhkan (data bertanda bintang adalah data yang wajib diisi). Klik Kirim.
11.     Silahkan mengecek email konfirmasi pendaftaran.

Silahkan mengeprint tanda terima pendaftaran online dan formulir pendaftaran online untuk dibawa ke KKP tujuan sesuai tanggal pelayanan yang dipilih saat mendaftar.


Sekian dan terimaksih, semoga membantu !!!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



2 comments:

  1. Mulai tgl 16januari 2018 udah daftar online,jd sebelum kesana daftar online dulu

    ReplyDelete
  2. kalau passportnyatidak ada gimana yah? soalnya dr pihak travel itu tidak diberikan ke caloon jamaah

    ReplyDelete

Cara Klaim JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan

Berikut berkas yang harus di persiapkan saat akan melakukan pencairan JHT (Jaminan Hari Tua) di BPJS Ketenagakerjaan Membawa persyara...